Cara Menurunkan Birahi Murai Batu dengan Aman

31 Agustus 2023 07.35

Cara menurunkan birahi murai batu salah satunya dengan kamu menjaga lingkungannya tetap tenang. Cara tersebut terlihat sederhana, tetapi dapat bermanfaat terhadap upaya penurunan hormon murai batu. Terdapat beberapa cara menurunkan birahi murai batu yang dapat kamu lakukan sehingga dia tidak menjadi terlalu agresif.

Secara khusus di dalam artikel ini, kita bersama-sama mengeksplorasi lebih jauh terkait cara apa yang tepat untuk menurunkan birahi murai batu. Tentu saja sudah kami susun agar mudah untuk kamu memahaminya. Silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Murai Batu Over Birahi?

Kondisi over birahi pada murai batu tidak boleh pet pals sepelekan. Pasalnya. kondisi ini dapat memengaruhi stamina burung murai batu yang dapat membuatnya menjadi tidak gacor ketika dilombakan. Berikut adalah beberapa cara yang pet pals dapat lakukan untuk mengatasi burung murai batu over birahi:

1. Kurangi Memberikan Extra Fooding

Murai batu sangat menyukai extra fooding, tetapi jumlah yang berlebihan justru dapat membuat birahinya meningkat. Extra fooding seperti jangkrik, kroto, dan cacing dapat kamu hentikan untuk sementara waktu agar mengontrol birahi murai batu.

Baca Juga: Cara Memberi Makan Burung Kicau yang Tepat agar Sehat

2. Mandikan Pagi dan Sore

Cara ini cukup mudah sebab kamu hanya rutin untuk memandikan murai batu dalam satu hari sebanyak dua kali yakni pada pagi dan sore. Selain itu, setelah memandikannya kamu harus mengangin-anginkan sampai bulu mereka kering kembali.

3. Pengembunan

Selain memandikan murai batu dua kali dalam satu hari, melakukan pengembunan di pagi hari sebelum dimandikan. Gunakan cara ini sebagai relaksasi dan untuk membuat murai batu menjadi lebih tenang.

4. Pisahkan Kandang Murai Batu

Memisahkan murai batu dengan jenisnya dapat membuatnya menjadi lebih tenang dan tidak agresif sebab mereka sangat sensitif dengan teritorial. Murai batu tidak ingin wilayahnya terdapat burung lain dan tentu merasa tertantang untuk berkelahi.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Murai Batu agar Suaranya Lantang

5. Membiasakan Murai Batu Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat membantu murai batu untuk menyalurkan birahi mereka. Caranya dengan menempatkan murai batu di dalam kandang umbaran yang lebih besar sehingga dia menjadi lebih bebas untuk bergerak.

6. Menjaga Kualitas Udara

Kualitas udara memiliki peranan penting pada kondisi murai batu. Jika terlalu kering atau sebaliknya, murai batu dapat mengalami stres yang dapat berujung pada over birahi. Untuk mengatasinya pet pals harus memastikan sirkulasi udara di sekitar kandang murai harus lancar. Pet pals juga dapat menggunakan penyejuk atau penghangat ruangan untuk lebih baik mengatur suhu di sekitar kandang.

7. Menjaga Kebersihan Kandang

Selain suhu, pet pals juga harus memerhatikan kebersihan kandang. Paastikan tempat makan dan minum murai batu selalu dalam kondisi bersih. Jika kotor, hal tersebut dapat memengaruhi kenyamanan murai batu dan membautnya stres yang kemudian dapat berujung pada kondisi murai batu birahi berlebihan.

8. Konsultasi dengan Dokter Hewan

Cara yang terakhir adalah kamu dapat berkunjung ke dokter hewan untuk konsultasi mengenai birahi burung murai yang terlalu tinggi sehingga membuatnya agresif. Cara ini harus kamu lakukan ketika langkah-langkah di atas dirasa kurang efektif untuk menurunkan birahinya. Dokter dapat menyarankan langkah-langkah yang lebih tepat dan mungkin memberikan terapi khusus.

Baca Juga: Panduan Cara Mengatasi Burung Murai Batu Sakit dan Tidak Mau Makan

Kenapa Murai Batu Over Birahi?

Melalui pemahaman yang tepat tentang mengapa murai batu mengalami over birahi tentu saja kamu dapat melakukan langkah-langkah tepat untuk membuatnya agar tidak terlalu agresif. Berikut yang kami sampaikan ini, adalah beberapa faktor penyebab murai batu over birahi.

1. Musim Kawin

Salah satu faktor yang menyebabkan burung murai batu kamu mengalami peningkatan hormon adalah musim kawin. Tentu saja hal ini dapat terjadi sebab hormon reproduksi sedang mengalami peningkatan sehingga memengaruhi birahi.

2. Faktor Genetik

Predisposisi genetik murai batu bisa saja menjadi salah satu penyebab mereka mengalami over birahi sehingga timbul kecenderungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung  lainnya.

3. Faktor Kesehatan

Kesehatan murai batu mungkin saja dapat menjadi salah satu yang memengaruhi sehingga birahinya meningkat. Kamu dapat memeriksa murai batu dengan dokter untuk mengetahui apakah dia sedang dalam keadaan yang sehat atau tidak. Bisa saja terdapat infeksi atau hal lainnya.

4. Faktor Lingkungan

Keberadaan burung lain serta suara kicauan mereka dapat membuat respons birahinya meningkat. Selain itu, pada usia yang muda murai batu sudah sering ikut dalam lomba sehingga mereka merasa tertantang. Kebiasaan ini mudah sekali untuk membuat mereka mengalami over birahi.

5. Pemberian Multivitamin yang Kurang Tepat

Perhatikan kembali apakah kamu memberikan multivitamin pada murai batu? Sebaiknya dikurangi sebab beberapa di antaranya, justru memicu tingkat hormon reproduksi mereka dan berpengaruh terhadap birahi.

6. Pemberian Extra Fooding yang Berlebihan

Extra fooding dapat menjadi masalah lain seperti birahi murai batu yang meningkat. Pada dasarnya, extra fooding tidak tepat jika diberikan secara berlebihan sehingga kamu harus menguranginya.

Kondisi murai batu yang mengalami over birahi ketika mereka menunjukkan perilaku yang tidak normal. Pada dasarnya, kondisi over birahi dapat membuat mereka menjadi terganggu dan tidak nyaman. Selain itu, interaksi sosial dengan kamu sebagai pemiliknya menjadi tidak harmonis. Mengenai kondisi seperti demikian kamu dapat mencoba melakukan langkah-langkah yang sudah kami sampaikan di atas. Namun, ketika murai batu tidak mengalami banyak perubahan yang signifikan sebaiknya kamu bertemu dengan dokter hewan agar ditangani secara profesional.

Pemberian obat atau multivitamin sebaiknya konsultasi lebih dahulu bersama dokter sebab mungkin saja murai batu tidak cocok dengan apa yang mereka konsumsi. Di samping itu, kamu perlu memahami bahwa apa yang dikonsumsi oleh mereka dapat menjadi pemicu meningkatnya birahi. Hal tersebut dapat kamu tanyakan ke dokter hewan dan yang lebih penting memberikan makanan dengan nutrisi tepat.

Kamu dapat beralih sekarang juga ke produk makanan burung dengan komposisi bahan alami pilihan yang secara khusus dirancang untuk memberikan nutrisi seimbang dan nutrisi untuk murai batu kamu. Produk pilihan dari CPPETINDO menjadi solusi untuk stamina yang prima serta membantu menjaga keseimbangan nutrisi murai batu. Pesan sekarang dan lihat perbedaannya.