Cara Mengatasi Kucing Pilih-Pilih Makanan dengan Tepat

31 Oktober 2023 13.53

Kucing memang dikenal sebagai hewan omnivora alias bisa menyantap makanan apa saja. Namun, ada kalanya kucing kesayanganmu menjadi picky eater alias pilih-pilih makanan. Mereka hanya mau makan makanan yang menurutnya lezat dan menolak makanan yang dianggap tidak sesuai dengan seleranya. Masalah kucing pilih-pilih makanan ini tidak boleh diabaikan karena bisa mengganggu asupan gizi si Mpus.

Pet Pals pasti merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan kalau si Mpus menjadi picky eater. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi menghadapi masalah ini. CPPETINDO akan memberikan panduan lengkap dalam memilih makanan terbaik untuk si Mpus yang menjadi pemilih dalam hal makanan. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Mengapa Penting Memilih Makanan yang Tepat untuk Kucing Pemilih Makanan?

Sebagai pemilik kucing, Pet Pals pasti pernah mengalami kesulitan dalam memilih makanan yang tepat untuk si Mpus yang picky eater. Kendati demikian, kamu harus tetap menyediakan makanan yang tepat untuknya. Kesehatan si Mpus bergantung pada makanan yang kamu berikan.

Jika si Mpus tidak mendapatkan makanan yang tepat, mereka bisa mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, masalah pencernaan, dan masalah gigi. Selain itu, makanan yang tidak tepat juga bisa membuat si Mpus kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang yang sehat.

Penyebab Si Mpus Menjadi Picky Eater

Kucing terkadang bisa menjadi sangat selektif dalam memilih makanannya. Mereka hanya mau makan makanan tertentu atau bahkan menolak makanan yang kamu berikan. Ada beberapa alasan si Mpus menjadi picky eater, yaitu:

1. Kebiasaan Makan yang Buruk

Beberapa kucing mungkin memiliki kebiasaan makan yang buruk sejak kecil. Penyebabnya bisa jadi berupa pengalaman makan yang tidak menyenangkan atau perubahan dalam pola makan yang tidak teratur. Kebiasaan makan yang buruk membuat mereka lebih sulit untuk menerima jenis makanan baru.

2. Masalah Kesehatan

Kucing yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti masalah pencernaan, alergi makanan, atau masalah gigi dan gusi, sangat mungkin menjadi picky eater. Makanan tertentu bisa memicu reaksi negatif pada sistem pencernaan, sehingga si Mpus memilih untuk tidak memakannya.

3. Preferensi Rasa dan Aroma

Seperti halnya manusia, si Mpus juga memiliki preferensi rasa dan aroma makanan tertentu. Beberapa kucing mungkin tidak suka rasa atau aroma makanan yang ditawarkan oleh pemiliknya. Ini bisa menjadi alasan utama mengapa mereka menjadi picky eater.

4. Bosan dengan Makanan

Kucing yang diberi makan makanan yang sama setiap hari bisa merasa bosan dan ingin variasi dalam makanan mereka. Tidak heran jika mereka menolak makanan yang sama berulang kali.

5. Umur dan Tahap Hidup

Kebutuhan nutrisi si Mpus berubah seiring bertambahnya usia dan tahap hidupnya. Makanan yang cocok untuk kucing muda mungkin tidak cocok untuk kucing yang lebih tua. Ini juga bisa menjadi alasan si Mpus menjadi picky eater.

Jenis Makanan Kucing yang Tersedia di Pasaran

Dalam memilih makanan untuk kucing, kamu bisa memilih dua opsi makanan yang tersedia, yaitu makanan kering dan makanan basah. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan makanan kering dan basah.

1. Makanan Kering (Dry Food)

Makanan kering biasanya tersedia dalam bentuk kibble. Makanan kering lebih mudah disimpan dan harganya lebih terjangkau dibandingkan makanan basah. Namun, kekurangan makanan kering adalah kadar air yang kurang sehingga bisa menyebabkan kucing dehidrasi.

2. Makanan Basah (Wet Food)

Makanan basah mengandung lebih banyak air dan biasanya tersedia dalam kemasan kaleng atau pouch. Kelebihannya adalah makanan basah mengandung lebih banyak air yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjal dan saluran kemih pada si Mpus. Makanan basah juga memiliki kekurangan, yaitu memerlukan cara penyimpanan yang tepat.
makanan kucing cleo

Tips Memilih Makanan Kucing untuk Si Pemilih Makanan

Memilih makanan yang tepat untuk si Mpus yang sedang menjadi picky eater bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan beberapa tips di bawah ini, kamu bisa memilih makanan yang tepat untuk anabul kesayanganmu.

1. Baca Label dengan Teliti

Saat memilih makanan kucing, pastikan kamu membaca label dengan teliti. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan di label makanan kucing, seperti kandungan gizi yang mencakup asam lemak omega, dan sumber protein. Pastikan juga makanan kucing yang kamu pilih tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti pengawet, pewarna, atau bahkan hormon pemicu pertumbuhan.

2. Konsultasi dengan Dokter Hewan

Dokter hewan bisa membantu kamu memilih makanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan si Mpus. Apalagi jika kucing kesayanganmu mengalami masalah kesehatan yang serius, mereka membutuhkan makanan tertentu dengan porsi yang tepat. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter hewan jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang makanan kucing.

3. Mencoba Makanan Baru

Jika kucing kesayanganmu sulit menerima makanan baru, kamu harus mengenalkannya secara perlahan. Berikan makanan baru dalam jumlah kecil dan campur dengan makanan lama. Tunggulah selama beberapa hari atau minggu sampai si Mpus terbiasa dengan makanan baru yang kamu berikan.

Intinya, memilih makanan yang tepat diperlukan untuk kesehatan si Mpus, terutama jika mengalami masalah kucing pilih-pilih makanan. Nah, supaya tidak bingung dalam menyediakan makanan yang tepat untuk anabul yang sedang menjadi picky eater, kamu bisa mengunjungi website CPPETINDO

Kami menyediakan makanan kucing terbaik dengan rasa yang bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi si Mpus. Hubungi kami melalui DM Instagram @loveyourpetid jika ingin berkonsultasi mengenai produk makanan kucing yang tepat untuk anabul kesayanganmu!