Rekomendasi Makanan untuk Kucing yang Baru Melahirkan

30 Oktober 2023 09.59

Si Mpus baru saja melahirkan bayi kucing yang lucu? Selamat karena Pet Pals kedatangan anggota keluarga baru di rumah. Namun, kamu tidak boleh mengabaikan kebutuhan makanan untuk kucing yang baru melahirkan. Mereka membutuhkan porsi makan yang berbeda dan pastinya lebih banyak daripada biasanya.

Masa menyusui merupakan masa yang paling rawan bagi kucing kesayanganmu. Si Mpus membutuhkan asupan nutrisi yang cukup karena mereka harus memberikan makanan kepada anak-anaknya.

Yuk, kenali aturan pemberian makanan untuk Si Mpus yang baru melahirkan dan sedang berada dalam fase menyusui agar kebutuhan nutrisi mereka tetap terpenuhi.

Porsi Makan untuk Induk Kucing yang Menyusui

Kucing betina yang baru saja melahirkan membutuhkan energi yang lebih banyak daripada sebelumnya. Si Mpus harus menyusui untuk memberikan nutrisi kepada anak-anaknya, dan menyusui bukanlah kegiatan yang membutuhkan energi kecil. Besaran porsi makanan yang diberikan kepada induk kucing akan bergantung pada jumlah anak kucing yang mereka rawat.

Kalau Si Mpus menyusui dua anak, mereka membutuhkan kalori dengan jumlah 2 sampai 2,5 kali lebih banyak daripada biasanya. Contohnya, kucing dengan bobot 5 kilogram dan menyusui 4 anak memerlukan sekitar 603 kalori per harinya. Berbeda jika Si Mpus mempunyai bobot 7 kilogram dan menyusui 4 anak, mereka memerlukan sekitar 850 kalori harian.

Tips Memberikan Makanan untuk Si Mpus Pasca Melahirkan

Memberikan makanan pada porsi ini tentunya membutuhkan penyesuaian. Pasalnya, selama masa kehamilan, Si Mpus makan empat kali lebih banyak daripada porsi normalnya sebelum hamil. Setelah melahirkan, mereka pun harus menyesuaikan porsi makannya kembali. Si Mpus tidak boleh diberikan makanan dengan porsi yang lebih banyak karena bisa menyebabkan obesitas.

Ketika memberikan makanan kepada kucing menyusui, kamu bisa mulai dengan memberikan makanan pada porsi normal seperti sebelum dia hamil. Lalu, kamu bisa menambahkan porsinya secara perlahan. 

Tetap sediakan semangkuk air atau kamu bisa menambahkan sedikit air ke dalam makanannya supaya Si Mpus tidak mudah dehidrasi. Menambahkan air ke dalam makanan, baik makanan kering maupun basah, dapat memancing minat anak kucing untuk mencoba makanan baru karena teksturnya lebih lembut dan mudah dicerna.

Masa menyusui Si Mpus berlangsung selama 6-8 minggu, dan setelahnya produksi air susunya sudah berhenti. Pada saat ini, kamu bisa mengurangi porsi makanannya kembali ke masa sebelum hamil. Untuk jenis makanannya, kamu pun bisa memberikan kembali makanan kucing dewasa. Namun, kamu tetap perlu memberikannya secara perlahan karena Si Mpus membutuhkan waktu 7-10 hari untuk terbiasa dengan makanan baru.

Pentingnya Pemberian Protein dalam Makanan Si Mpus

Kucing yang baru melahirkan juga perlu memperoleh asupan protein yang memadai agar tetap sehat. Selain memastikan supaya kesehatannya tetap prima, protein juga berguna supaya anak-anak Si Mpus tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. Terkadang, anak-anak kucing bisa jadi sangat aktif dan sering menyusui sehingga kamu perlu memberikan tambahan protein ke dalam makanan induknya.

Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, kamu bisa memberikan makanan kucing dari CPPETINDO. Setiap produk makanan kucing yang kami sediakan mempunyai kadar protein yang tinggi sehingga kebutuhan nutrisi induk kucing tetap terjaga selama masa menyusui.
makanan kucing cleo

Porsi Makan Anak Kucing Baru Lahir

Bukan hanya sang induk, anak-anak kucing juga perlu Pet Pals perhatikan asupan nutrisinya. Ada pun masa menyusui anak kucing adalah 6-8 minggu dan mereka bergantung penuh pada susu dari induknya. Apabila anak kucing tidak mendapatkan air susu dari induk, kamu bisa menyediakan alternatif makanan berupa susu formula untuk bayi kucing.

Pada umumnya, porsi makanan yang pas untuk bayi kucing adalah 15-20 gram setiap harinya. Porsi ini masih harus disesuaikan dengan usia dan berat badannya supaya pertumbuhannya tetap optimal dan berat badannya tetap terjaga. Untuk susu formula, sebaiknya kamu memberikannya sesuai dengan usia setiap beberapa jam sekali. Kamu bisa memberikan susu formula melalui botol susu atau spuit agar bayi kucing lebih mudah mengonsumsinya. 

Lihat panduan pemberian susu formula untuk anak kucing di bawah ini:

  • 0-1 minggu: Berikan 2-6 ml setiap 2 jam.
  • 1-2 minggu: Berikan 6-10 ml setiap 2-3 jam.
  • 2-3 minggu: Berikan 10-14 ml setiap 3-4 jam.
  • 3-4 minggu: Berikan 14-18 ml setiap 4-5 jam.
  • 4-5 minggu: Berikan 18-22 ml setiap 5-6 jam.
  • 5-6 minggu: Pindah ke makanan padat dan berikan makanan setiap 6 jam.

Penjelasan di atas memberikan rekomendasi porsi makanan kucing yang baru melahirkan serta anak-anaknya. Masalahnya, makanan seperti apa yang harus Pet Pals berikan untuk Si Mpus? Tidak perlu bingung, kamu bisa menyediakan makanan kucing yang bagus merek Cleo dari CPPETINDO. 

Cleo menyediakan pilihan makanan kucing dengan rasa yang beragam untuk meningkatkan nafsu makan Si Mpus. Kandungan protein pada produk makanan merek Cleo juga lebih dominan sehingga kebutuhan protein Si Mpus tetap terpenuhi selama masa menyusui. Klik di sini untuk mendapatkan produknya hanya di online store CPPETINDO!