11 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Anjing yang Harus Diketahui

21 Agustus 2023 09.12

Pet Pals pasti memastikan kalau kebutuhan makanan anjing kesayangan di rumah tetap cukup. Selain memberikan makanan berat, kamu juga ingin memberikan snack untuk si Guguk. Namun, kamu harus hati-hati dalam menyediakan makanan untuk anabul kesayanganmu. Pasalnya, ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan anjing karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Memangnya apa saja makanan yang sebaiknya dihindari si Guguk? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini sampai selesai, yuk!

Deretan Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Anjing

Inilah daftar makanan yang perlu kamu hindari agar tidak diberikan kepada anjing kesayanganmu.

1. Cokelat

Hampir semua manusia menyukai cokelat, termasuk juga Pet Pals. Kabar buruknya, santapan favorit ini ternyata merupakan ‘musuh utama’ anjing. Kandungan methylxanthines dalam biji kakao bisa menyebabkan anjing muntah, diare, bahkan mengalami masalah jantung.

Selain itu, cokelat juga mengandung theobromine, kandungan stimulan yang membuat anjing mengalami gagal ginjal. Kandungan ini lebih banyak terdapat pada cokelat hitam. Kalau dikonsumsi dalam jumlah besar, anjing berisiko mengalami kejang, fungsi jantung tidak teratur, bahkan kematian.

2. Anggur

Boleh saja Pet Pals memberikan buah untuk si Guguk. Namun, jangan memberikan anggur karena bisa menyebabkan kerusakan hati dan gagal ginjal pada anjing. Anjing yang keracunan anggur bisa dikenali dengan gejala seperti muntah, buang air kecil yang lebih sering, dan rasa haus yang lebih sering.

3. Kismis

Sama seperti anggur, kismis juga menyebabkan kerusakan ginjal pada anjing. Kismis banyak ditemukan pada kue dan biskuit, jadi kamu perlu berhati-hati ketika hendak memberikan kudapan tersebut untuk si Guguk.

4. Bawang Merah, Bawang Putih, dan Daun Bawang

Bawang-bawangan juga merupakan makanan yang tidak boleh dimakan anjing. Bawang merah, bawang putih, dan daun bawang mengandung sulfur yang dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah yang mengakibatkan anemia pada anjing. Anjing pun mengalami efek samping seperti muntah, diare, perubahan denyut nafas dan detak jantung, bahkan pingsan.

5. Pemanis Buatan (Xylitol)

Pemanis buatan, khususnya xylitol, termasuk makanan yang berbahaya untuk anjing. Xylitol biasanya ditemukan pada permen karet, minuman manis, dan manisan lainnya. Kalau anjing mengonsumsi makanan yang mengandung xylitol, dia akan mengalami hipoglikemia atau kadar gula darahnya rendah. Kondisi ini berujung pada gagal ginjal dan gangguan pembekuan darah.

6. Kacang Macadamia

Kacang yang berasal dari Australia ini tidak boleh dikonsumsi anjing. Alasannya, kacang macadamia mengandung racun yang dapat memengaruhi sistem saraf dan otot anjing. Anjing yang mengonsumsi kacang macadamia merasa lebih mudah lelah dan selalu mengeluarkan napas yang putus-putus ketika beraktivitas.

7. Tulang yang Dimasak

Sudah pasti Pet Pals mengetahui kalau tulang merupakan makanan favorit si Guguk. Namun, pastikan kamu hanya memberikan tulang yang mentah alias belum dimasak. Pasalnya, tulang yang sudah dimasak dengan cara apa pun dapat menyebabkan anjing sembelit. Tidak hanya itu, memberikan tulang yang sudah dimasak dalam jumlah besar dapat menyebabkan ususnya mengalami perforasi alias berlubang, yang akan berakibat fatal nantinya.

8. Alkohol

Alkohol yang ditemukan pada kandungan makanan atau minuman tentu berbahaya bagi si Guguk. Anjing bisa mengalami diare dan kerusakan saraf pusat jika mengonsumsi alkohol. Maka dari itu, hindari agar si Guguk tidak mengonsumsi alkohol sekecil apa pun dosisnya. 

9. Jagung Rebus

Jagung memang merupakan makanan yang bisa dicerna oleh anjing. Namun, jangan memberikan jagung yang belum dilepaskan dari bonggolnya. Bonggol jagung yang tertelan dapat menyebabkan penyumbatan pada usus si Guguk. Masalah ini tentunya dapat berujung pada risiko fatal pada anjing kesayanganmu.

10. Alpukat

Sekilas dijelaskan bahwa anggur dan kismis merupakan buah yang tidak boleh dimakan anjing. Namun, masih ada buah lainnya yang dilarang untuk dikonsumsi si Guguk, yaitu alpukat. Mengapa? Alpukat mengandung persin yang bisa membahayakan kesehatan anjing kesayanganmu. Anjing bisa mengalami diare dan muntah-muntah kalau memakannya.

11. Es Krim dan Keju

Terakhir adalah es krim dan keju. Rata-rata es krim mengandung gula dalam kadar yang cukup banyak sehingga tidak baik untuk kesehatan anjing. Terutama jika si Guguk memiliki intoleransi laktosa (gula dalam susu), kamu harus menghindari pemberian produk olahan susu, termasuk keju. Apabila tidak dihindari, si Guguk yang intoleran laktosa dapat mengalami diare jika mengonsumsinya.

Kini, Pet Pals sudah tahu apa saja makanan yang tidak boleh dimakan anjing, kan? Pastikan agar makanan tersebut jauh dari jangkauan si Guguk agar mereka tidak menyantapnya, ya. Jangan lupa untuk menyediakan makanan anjing dari CPPETINDO sebagai santapan utama anabul kesayanganmu! 

CPPETINDO menyediakan berbagai pilihan makanan anjing yang bisa kamu pilih sesuai dengan usia, ras anjing, dan kebutuhan gizi anabul kesayanganmu. Kamu bisa memilih Rocco Chicken & Milk for All Breed Puppy untuk anak anjing berusia 3-18 bulan agar pertumbuhan mereka tetap optimal. Produk ini mengandung nukleotida yang berkhasiat untuk regenerasi sel dan memperkuat kekebalan tubuh si Guguk. 

Ingin mengetahui informasi lengkap mengenai produk makanan anjing dari CPPETINDO lainnya? Hubungi kami melalui DM Instagram @loveyourpetid untuk mengetahui pilihan makanan anjing yang sesuai dengan kondisi anabul kesayanganmu!