Share the joy

Mengenal Heatstroke pada Anjing serta Cara Mencegahnya

Posted on: | Author:Team Toffeedev
heatstroke pada anjing

Bermain bersama anjing kesayangan di luar rumah pada siang hari memang menyenangkan. Pet Pals bisa melihat keceriaan di wajah si Guguk yang bebas berlarian ke mana pun. Namun, kamu harus memastikan agar suhu udaranya tidak terlalu tinggi sebelum mengajak si Guguk bermain di luar ruangan. Mengapa? Suhu udara yang tinggi dapat menyebabkan heatstroke pada anjing.

Heat stroke, atau serangan panas merupakan kondisi yang tidak boleh kamu pandang sebelah mata. Masalahnya, dampak dari heat stroke bukan hanya membuat si Guguk tidak nyaman. Si Guguk justru akan mengalami masalah kesehatan yang lebih serius apabila kondisi ini terus dibiarkan.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan serangan panas itu dan bagaimana ciri-cirinya pada anjing? Langkah apa yang harus diambil ketika anjing kesayangan terkena heatstroke? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini sampai selesai!

Mengenal Heat stroke pada Anjing

Mengutip penelitianPathophysiology and pathological findings of heatstroke in dogs’, Serangan panas pada anjing adalah kondisi kesehatan terjadi akibat peningkatan suhu tubuh si Guguk secara berlebihan dan tidak bisa dikendalikan. Serangan panas pada anjing terjadi ketika suhu tubuhnya sudah melebihi 39-41 derajat Celcius. Ketika tubuh si Guguk melampaui suhu tersebut, segera lakukan langkah penanganan agar tidak terjadi hal yang lebih fatal.

Heat stroke terjadi ketika tubuh si Guguk gagal mendinginkan dirinya sendiri. Masalah ini bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh si Guguk karena peradangan. Selain itu, serangan panas mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke organ-organ tubuh. Pada akhirnya, masalah yang muncul dari heat stroke dapat menyebabkan kerusakan dan kegagalan organ.

Setiap sistem dalam tubuh si Guguk dapat terpengaruh oleh serangan panas. Namun, ada beberapa organ utama yang meliputi jantung, sistem saraf pusat, saluran pencernaan, ginjal, dan hati. Selain itu, serangan panas juga menyerang mekanisme kekebalan tubuh dengan merusak protein yang berfungsi melindungi tubuh dari stres dan panas.

Ciri-Ciri Anjing Terkena Heatstroke

Untuk memahami ciri-ciri serangan panas pada anjing, Pet Pals perlu mengetahui kalau heatstroke terjadi secara bertahap. Mulanya, si Guguk yang terpapar panas secara terus-menerus mengalami heat exhaustion. Kondisi ini ditandai dengan tubuh yang lelah dan lemas, tetapi bisa juga disertai dengan muntah dan diare. Pada tahap ini, suhu tubuh si Guguk masih berada dalam batas normal, tetapi anjing kesayangan sudah mulai merasakan dehidrasi.

Heat exhaustion kemudian berubah menjadi heatstroke apabila si Guguk mengalami gejala pada sistem saraf pusat, seperti kejang-kejang dan merasa linglung. Apabila suhu tubuh si Guguk sudah di atas 40 derajat Celcius, si Guguk terkadang mengalami masalah pada organ tubuhnya.

Mengutip dari artikel The Kennel Club, berikut adalah beberapa ciri-ciri anjing mengalami heat stroke:

  • Terengah-engah;
  • Gusi atau selaput lendir memerah;
  • Jantung berdebar cepat dan tidak normal;
  • Dehidrasi;
  • Muntah, bisa mengeluarkan darah atau tidak;
  • Diare, bisa mengeluarkan darah atau tidak;
  • Kram otot;
  • Mudah merasa lelah; dan
  • Pingsan

Penyebab Serangan Panas Pada Anjing

Heat stroke pada anjing utamanya dapat disebabkan oleh panas yang berlebihan.

Tidak seperti manusia, anjing merupakan hewan peliharaan yang tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri saat terserang panas. Oleh karena itu, ketika anjing terpapar panas yang berlebih, suhu tubuhnya akan meningkat secara cepat dan tidak akan turun dengan sendirinya yang kemudian menyebabkan dia terserang panas.

Sumber panas yang dapat membuat anjing terkena heat stroke juga tidak hanya matahari. Berikut adalah beberapa penyebab lainnya:

  • Terkena hair dryer secara terus menerus; dan
  • Bermain atau berolahraga secara berlebihan

Heat stroke tidak hanya dapat terjadi di luar ruangan. Jika anjing kamu beraktivitas secara intens di dalam rumah namun rumah kamu tidak memiliki ventilasi udara yang baik, anjing kamu tetap dapat terkena serangan panas.

Cara Mengatasi Anjing yang Terkena Heatstroke

Ketika si Guguk terkena heatstroke, apa yang harus dilakukan? Kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan empat langkah di bawah ini.

1. Pindahkan ke Tempat Sejuk

Segera pindahkan si Guguk ke ruangan yang teduh dan sejuk serta terhindar dari panas matahari. Pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik dengan adanya ventilasi dan jendela. Kamu juga bisa menghidupkan AC untuk menyejukkan ruangan. Namun, jagalah supaya suhu AC tidak terlalu dingin agar tubuh si Guguk tidak mengalami shock akibat perubahan cuaca yang drastis.

2. Mandikan dengan Air Dingin

Kamu juga bisa menyiramkan air dingin ke tubuh anjing. Suhu airnya tidak boleh terlalu dingin atau hampir membeku karena bisa mengakibatkan perubahan drastis yang membuat tubuh si Guguk mengalami shock. Air biasa dengan suhu 15-16°C sudah cukup efektif untuk menurunkan suhu tubuh anjing yang terkena heatstroke.

3. Berikan Minum untuk Si Guguk

Serangan panas pada anjing erat kaitannya dengan dehidrasi sehingga si Guguk kerap merasa haus. Biarkan anjing minum air dingin, tetapi dalam jumlah kecil. Jangan memaksakan banyak minum sekaligus agar tidak menyebabkan masalah pencernaan.

4. Bawa ke Dokter Hewan untuk Penanganan Lebih Lanjut

Setelah suhu tubuh si Guguk mulai menurun, segera bawa ke dokter hewan. Mereka akan memberikan penanganan lebih lanjut untuk mengatasi serangan panas pada anjing kesayanganmu.

Serangan panas pada anjing merupakan kondisi kesehatan yang memerlukan penanganan serius. Pastikan anjing kesayanganmu tidak berada di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama ketika matahari sedang terik. Sebagai alternatifnya, kamu bisa bermain bersama si Guguk di rumah dengan suhu udara yang lebih sejuk sehingga anjing kesayanganmu tetap nyaman.

Agar si Guguk tidak bosan saat bermain di rumah, Pet Pals bisa menyediakan treat yang lezat untuknya. Berikan saja Rocco Chewy Treats dari CPPETINDO yang penuh dengan kandungan bergizi, seperti Vitamin E untuk meningkatkan massa otot, inulin untuk mendukung sistem pencernaan, dan kolagen untuk kesehatan kulit dan kilau bulunya.

Rocco Chewy Treats tersedia dalam empat pilihan rasa, yaitu Beef, Salami, Salmon, dan Milky. Tunggu apa lagi? Klik di sini dan dapatkan produknya segera hanya di e-commerce kepercayaan Pet Pals! Berikan treats yang lezat dan sehat untuk anabul kesayanganmu hanya dengan makanan anjing dari CPPETINDO!