Ketahui Umur Berapa Kucing Bisa Makan Dry Food dengan Aman

31 Oktober 2023 13.48

Makanan basah atau wet food memang selalu menjadi pilihan terbaik untuk diberikan pada kucing kesayanganmu. Makanan basah memiliki kadar air yang tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan cairan si Mpus yang jarang minum. Kendati demikian, kamu terkadang ingin mengganti makanan basah dengan makanan kering (dry food) atau memang memutuskan untuk memberikan dry food untuk si Mpus. Hal itu tidak salah, tetapi kamu harus mengetahui dahulu umur berapa kucing bisa makan dry food.

Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memberikan makanan kering untuk anabul kesayanganmu. Selain umur, kamu juga harus memahami tips yang tepat dalam memberikan dry food. Tidak perlu bingung karena semuanya akan dijelaskan dalam artikel ini. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai!

Umur Berapa Kucing Bisa Mulai Makan Makanan Kering?

Tidak semua kucing bisa langsung diberikan makanan kering. Kamu harus mengikuti panduan umur kucing yang tepat untuk memberikan makanan kering. Berikut adalah penjelasannya.

1. Anak Kucing

Kucing yang baru lahir sebaiknya harus mengonsumsi air susu dari induknya sampai berusia 4 minggu. Setelahnya, kamu hanya boleh memberikannya makanan basah atau susu kucing usia 4-6 minggu. Setelah mencapai usia tersebut, kamu bisa memberikan makanan kering secara bertahap pada anak kucing, tetapi tetap perlu dicampur dengan air supaya anak kucing lebih mudah mencerna makanannya.

2. Kucing Dewasa

Kalau kamu mempunyai kucing dewasa, kamu bisa memberikannya makanan kering sejak usia satu tahun. Pada usia ini, si Mpus sudah memiliki gigi yang kuat dan sistem pencernaan yang matang untuk mencerna makanan kering yang diberikan.

3. Kucing Berusia Tua

Bagaimana dengan kucing yang berusia lanjut atau di atas 7 tahun? Sebaiknya mereka diberikan makanan khusus untuk kucing tua yang mengandung nutrisi yang sesuai untuk menjaga kesehatan mereka agar tetap prima di usia senjanya.

Bagaimana Memilih Makanan Kering yang Tepat untuk Kucing kamu?

Berikut adalah beberapa faktor yang harus diperhatikan saat memilih makanan kering untuk si Mpus:

1. Bahan-Bahan yang Harus Diperhatikan

Pastikan produk makanan kering yang kamu pilih mengandung protein yang cukup, rendah karbohidrat, dan mengandung lemak sehat agar kebutuhannya tetap terpenuhi. Selain itu, hindari makanan kering yang mengandung bahan pengawet, pewarna, atau pemanis buatan.

2. Makanan Khusus untuk Kucing dengan Masalah Kesehatan

Kalau si Mpus memiliki masalah kesehatan seperti alergi atau masalah pencernaan, pilihlah makanan kering khusus yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan panduan makanan kering yang tepat untuk menjaga kesehatan dan imunitas si Mpus.
makanan kucing cleo

Tips untuk Mengalihkan Makanan Basah ke Makanan Kering

Apabila si Mpus sudah terbiasa makan makanan basah atau setengah basah, maka kamu harus melakukan cara yang benar dalam mengalihkan jenis makanannya. Perlu diingat bahwa proses ini tidak bisa dilakukan secara mendadak serta membutuhkan waktu dan kesabaran sampai si Mpus terbiasa dengan menu barunya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Pet Pals dalam mengalihkan diet kucing ke makanan kering:

1. Mengenalkan Makanan Kering secara Bertahap

Mulailah dengan mencampurkan sedikit makanan kering ke dalam makanan basah yang biasa diberikan kepada si Mpus. Secara bertahap, tambahkan lebih banyak porsi makanan kering hingga kucing kamu terbiasa dengan rasanya. Barulah ketika si Mpus sudah terbiasa, kamu bisa memberikannya semangkuk penuh makanan kering.

2. Memberikan Makanan Kering yang Lezat

Pastikan makanan kering yang kamu berikan memiliki rasa yang lezat untuk kucing kesayangan kamu supaya mereka tertarik untuk menyantapnya. Kamu bisa memilih makanan dari potongan daging asli yang khas dengan aromanya sehingga nafsu makan si Mpus meningkat.

3. Mencampurkan Makanan Basah dan Kering

Kamu juga dapat mencampurkan makanan basah dan kering untuk memberikan variasi pada diet kucing kamu. Kebutuhan air pada si Mpus juga tetap terpenuhi karena kamu memberikan makanan basah di samping makanan kering.

Bagaimana Memberikan Makanan Kering yang Tepat untuk Kucing kamu?

Setelah kucing kamu terbiasa dengan makanan kering, pastikan untuk memberikan makanan kering yang tepat untuk menjaga kesehatannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Porsi Makanan yang Harus Diberikan

Berikan porsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan kucing kamu. Jangan memberikan terlalu banyak makanan kering karena dapat menyebabkan kegemukan. Kucing yang kegemukan atau obseitas justru memiliki masalah kesehatan.

2. Frekuensi Pemberian Makanan

Kucing dewasa sebaiknya diberikan makanan kering sebanyak 2-3 kali sehari. Kalau si Mpus berada dalam kondisi khusus yang membutuhkan frekuensi pemberian lebih banyak atau lebih sedikit, kamu bisa menyesuaikannya.

3. Memberikan Air yang Cukup untuk Kucing kamu

Makanan kering tidak mengandung kadar air yang cukup di dalamnya, sementara kucing jarang minum air secara mandiri. Oleh karena itu, kamu harus menyediakan akses air minum bersih dan segar setiap saat. Kucing tetap membutuhkan cairan untuk kesehatan ginjal dan memudahkan pencernaannya.

Manfaat Makanan Kering untuk Kucing

Makanan kering dapat membantu menjaga kesehatan kucing kamu jika diberikan dengan benar. Berikut adalah beberapa manfaat makanan kering untuk kucing:

1. Mencegah Kegemukan

Makanan kering memiliki keunggulan dalam hal mengendalikan berat badan kucing. Kandungan lemak dan kalori yang lebih rendah dapat membantu mencegah kegemukan, terutama jika porsinya diberikan dengan benar.

2. Mencegah Masalah Kesehatan pada Gigi

Salah satu manfaat utama makanan kering adalah membantu menjaga kesehatan gigi kucing. Tekstur makanan kering dapat membantu membersihkan gigi dan gusi, mengurangi risiko plak, tartar, dan masalah kesehatan mulut lainnya.

3. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Makanan kering sering mengandung serat yang penting untuk kesehatan saluran pencernaan kucing. Serat dapat membantu mengurangi risiko masalah pencernaan seperti sembelit dan diare, serta memastikan pencernaan yang lancar.

Apa yang Harus Dihindari Ketika Memberikan Makanan Kering untuk Kucing?

Selain memperhatikan hal-hal yang perlu dilakukan saat memberikan makanan kering untuk kucing, pastikan kamu menghindari kesalahan di bawah ini:

1. Memberikan Makanan Kering yang Terlalu Banyak

Salah satu kesalahan umum adalah memberikan terlalu banyak makanan kering pada kucing. Hal ini dapat mengakibatkan kegemukan yang berpotensi merusak kesehatan mereka. Penting untuk mengikuti panduan pemberian porsi yang sesuai dengan berat dan aktivitas fisik si Mpus.

2. Memberikan Makanan Kering yang Tidak Berkualitas

Pastikan makanan kering yang kamu pilih memiliki kualitas yang baik dan mengandung nutrisi yang sesuai untuk kebutuhan kucing. Makanan berkualitas rendah mungkin kurang memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

3. Memberikan Makanan Kering yang Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Kucing Kamu

Setiap kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda berdasarkan usia, berat badan, dan kondisi kesehatannya. Jangan memberikan makanan kering yang mengandung bahan yang tidak cocok atau dapat menyebabkan masalah kesehatan pada si Mpus. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk memilih makanan yang sesuai untuk anabul kesayanganmu.

Bagaimana? Sekarang kamu sudah memahami umur berapa kucing bisa makan dry food yang aman, bukan? Kamu juga mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan dry food untuk si Mpus.

Selanjutnya, Pet Pals harus menyediakan makanan kucing kering berkualitas hanya dari CPPETINDO. Kamu bisa memilih Bolt Tuna Cat Food Kibble Donat sebagai pilihan yang pas untuk si Mpus. Kadar air yang terdapat di dalamnya cukup tinggi, yaitu 10% sehingga kebutuhan cairan si Mpus tetap terpenuhi. Klik di sini untuk mendapatkan produknya untuk anabul kesayanganmu!